, ,

Muhammadiyah Terus Dorong Program Pesantren Sehat

bantul

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL – Muhammadiyah terus mendorong kesehatan melalui Workshop Pesantren Sehat Berkemajuan. Acara ini diselenggarakan oleh Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah di mulai sejak tanggal 8 -10 Oktober 2019 di Aula Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul, D.I.Yogyakarta.

Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Lauching Sistem Informasi Kesehatan Pesantren guna mewujudkan Pondok Pesantren Sehat Berkemajuan yang bertemakan “Sehat Santrinya Kuat Bangsanya”.

Dibuka langsung oleh Helmi Jamharis, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, workshop ini diikuti oleh 43 orang yang terdiri dari 21 peserta Pondok Pesantren Asy Syifa’, 4 mahasiswa UAD Yogyakarta, 3 petugas Gizi RS PKU Muhammaidyah, 2 aparat dari desa Sumbermulya, 1 petugas Pukesmas Bambanglipuro, serta unsur Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Bambanglipuro masing-masing satu orang.

Workshop merupakan rangakaian kegiatan kerjasama antara MPKU PP Muhammadiyah dengan Direktorat Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

dr. Esty Martiana Rachmie, selaku Wakil Ketua MPKU PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan Masyarakat mengatakan, workshop ini dilaksanakan sebagai komitmen bersama membuat pesantren sehat dan berkemajuan dan sudah dimulai dengan penandatangan komitmen seluruh peserta yang ikut.

Adapun materi yang diberikan pada workshop pesantren sehat berkemajuan adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan pesantren, Pemberdayaan Masyarakat melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA), membuat perencanan, penyelenggaraan dan pemeliharaan pesantren sehat serta pengenalan praktek Sistem Pesantren Sehat (Simkestren) berbasis online. (Andi)

Sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *