,

Respon Cepat Muhammadiyah Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng: Kirim Relawan, Mobil SAR, Obat-obatan, dan Logistik Lainnya

51

PWMU.CO – Muhammadiyah bergerak cepat membantu menangani korban bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Ahad (30/9/18)—melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lazismu.

Sepuluh relawan dikirim MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah menuju Palu, Sulawesi Tengah. Mereka berangkat mengendarai dua unit mobil SAR MDMC double kabin dari Kantor Pimpinan Wialayah Muhammadiyah (PWM) Jatim Jalan Kertomenanggal IV/1 Surabara menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk kemudian naik kapal menuju ke Makassar.

Setibanya di Kota Anging Mammiri, para relawan akan melanjutkan perjalanannya menuju Palu, Sulteng melalui jalur darat.

“Semoga selama perjalanan menuju Palu, Sulteng para relawan Muhammadiyah tidak menemui hambatan yang berarti sehingga bisa cepat sampai di lokasi bencana,” kata Ketua MDMC PWM Jatim M. Rofii.

Kesepuluh relawan kebencanaan, kata Rofii, juga membawa serta bahan bakar, peralatan teknik evakuasi, tenda dan obat-obatan untuk keadaan tanggap darurat. “Tenda dan obat-obatan ini disiapkan oleh Lazismu Jatim,” terangnya.

52

Rofii menambahkan, di saat bersamaan, MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim juga memberangkatkan 11 relawan medis asal RSM Lamongan ke lokasi bencana.

Mereka berangkat dari Bandara Juanda Sidoarjo, Jatim terbang menuju bandara Mamuju, Sulawesi Barat.

Setibanya di bandara Mamuju, para relawan akan melanjutkan perjalanannya ke Palu, Sulteng melalui jalur darat.

“Pemberangkatan relawan medis ini yang pertama. Setelah ini MDMC PWM Jatim bersinergi dengan Lazismu Jatim juga akan mengirikan relawan dan bantuan logistik ke sana,” tandasnya. (Aan)

Sumber : https://pwmu.co/75597/09/30/respon-cepat-muhammadiyah-bantu-korban-gempa-dan-tsunami-sulteng-kirim-relawan-mobil-sar-obat-obatan-dan-logistik-lainnya1/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *